Minggu, 17 April 2011

DAMPAK KENAIKAN HARGA BAGI KONSUMEN

Pengertian konsumen
Konsumen adalah mereka yang memilki pendapatan (uang) dan menjadi pembeli barang dan jasa di pasar. Perilaku konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, menimbang , mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam perilaku konsumen disebutkan kata menimbang dan mengevaluasi. Seseorang konsumen yang rasional pada waktu akan memutuskan pembelian suatu barang tidak didasari oleh emosi belaka namun terutama didasari pada suatu pertimbangan bahwa apa yang akan dibelinya memang memberikan tingkat kepuasan terbesar jika dibandingkan dengan barang lainnya.

Dampak kenaikan harga bagi konsumen
Terhadap Konsumen secara umum
Inflasi menyebabkan harga-harga barang yang dikonsumsi naik, sementara pendapatan masyarakat tidak mengalami kenaikan. Sehingga dengan keadaan seperti ini maka akan terjadi perubahan pola konsumsi pada masyarakat seperti:
1) Kuantitas konsumsi berkurang, misalkan dari kebiasaan membeli 5 buah menjadi 3 buah saja
2) Adanya peralihan merk dari barang yang dikonsumsi menjadi barang yang murah
Pengurangan jumlah barang dan peralihan penggunaan barang yang dikonsumsi menyebabkan jumlah permintaan terhadap suatu barang menurun, dan ini mengakibatkan kelesuan perusahaan dan ini akan mengarah pada terjadinya PHK.

Mengenai kenaikan harga, memiliki dampak tersendiri bagi para konsumen terutama konsumen menengah kebawah, pihak inilah yang akan merasa paling dirugikan dari dampak kenaikan harga tersebut. Karena mungkin pendapatan mereka tidak sebanding dengan pengeluaran yaitu kenaikan harga yang terjadi, hal inilah yang menyebabkan mereka harus memutar otak untuk mengurangi pengeluaran ataupun mencari alternative lain mencari barang dengan harga yang rendah namun memiliki kualitas yang rendah pula.
Namun mungkin akan berbeda dengan konsumen yang bergaya hidup mewah mereka tidak akan memperhitungkan harga untuk mendapat kepuasan, asalkan barang yang dianggapnya bagus dan bernilai ia kan membelinya sekalipun harga tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar